KONTAK SAYA

4 Season, Illana Tan (Resensi Novel Romantis)

Teman-teman masih ingat tulisan saya tentang Cerita Cinta Ala Cinderella meski jadul tapi tetap digandrungi? Yang belum baca bisa baca di sini. Well sekarang konsep Cinta Cinderella sudah lebih luas. Tidak melulu berpatok pada perbedaan kasta, tetapi lebih pada konteks di mana cinta yang awalnya pada posisi "Tidak Mungkin untuk bersatu" akhirnya "Bersatu" juga. Seperti di tulisan sebelumnya, bahwa untuk cerita-cerita romantis, para pembaca lebih fokus pada jalan ceritanya. Tidak lagi peduli itu ide kuno yang ketinggalan jaman. Apalagi bagi cewek-cewek yang bertipe romantis dan berharap-harap akan pasangan yang romantis, tentu tidak bisa menolak kisah-kisah romantis di novel-novel atau pun drama-drama cinta yang bisa dinikmati dengan mudah.

Nah kali ini saya ingin meresensi sebuah novel 4 Season karya Illana Tan. Ada yang sudah baca? Tos dulu untuk yang sudah baca, dan apa kalian mengalami hal yang sama dengan saya, yaitu senyum-senyum sendiri, terhipnotis sama kata-kata dan tingkah-laku  romantis yang sulit ditolak dan membuat kita berandai-andai  bisa menjadi salah satu tokoh di novel itu? Suer, untuk kalian yang masuk dalam golongan orang romantis dan sedang menunggu seseorang yang berjiwa romantis, baca aja novel 4 Season karya Illana Tan ini.

Lalu resensinya mana nih?
Oke deh ini dia resensi yang bisa saya tuliskan sesuai kemampuan saya yaa.

Novel 4 Season ini terdiri dari 4 novel, seperti namanya. Jadi ada empat cerita cinta yang memiliki keterkaitan antara satu dan yang lain. Namun tiap novelnya adalah cerita lepas dengan kisah yang berdiri masing-masing, jadi jangan khawatir kalau kalian baru akan menemukan ending setelah baca ke empat novelnya.

Yang membuat novel ini berkaitan adalah tokoh-tokohnya, di mana tokoh utama dari satu cerita ke cerita lainnya memiliki hubungan. Misalnya, di cerita satu si A adalah sepupu tokoh utama, tetapi di cerita lain dia jadi tokoh utama. Jadi novel ini bisa dibaca secara acak, tetapi kalau mau baca secara urut, bisa ikuti tiap judul novel yang akan saya tuliskan sedikit resensinya.

Pertama ialah Summer In Seoul.


Seperti judulnya, novel yang satu ini memiliki latar di Korea.  Tokoh utamanya adalah cewek keturuan Indonesia dan Korea, Han Sun Hee dan memiliki nama Indonesia Sandy yang secara tidak sengaja bertemu dengan Jung Tae Wo, seorang penyanyi terkenal di Korea.

Pada saat itu Jung Tae Wo tengah dilanda gosip sebagai Gay, karena dia tidak pernah terlihat bersana seorang wanita di media. Padahal dia sedang menyiapkan peluncuran album barunya setelah empat tahun menghilang dari dunia entertainment karena suatu alasan, (alasannya tidak saya bocorkan ya :p).

Pertemuan tak sengaja mereka pun terekspos ke media dan muncul gosip baru bila Jung Tae Wo memiliki pacar wanita. Akhirnya Jung Tae Wo meminta Sandy untuk berfoto dan berpura-pura menjadi pacarnya. Sandy menerima  tawaran tersebut, bukan untuk uang, tetapi Sandy punya alasan sendiri kenapa dia merasa perlu mendekati Jung Tae Wo.

Seperti kisah-kisah cinta lain, mereka pun saling mencintai meskipun sama-sama tidak mengakui. Tiba-tiba saja identitas Sandy diketahui oleh media dan dihubungkan dengan masa lalu Jung Tae Wo empat tahun lalu. Lalu media menyebarkan gosip bila Sandy memacari Jung Tae Wo untuk balas dendam.

Apa yang terjadi setelah Jung Tae Wo tahu kenyataan tersebut padahal dia baru menyadari kalau dia sudah jatuh cinta sungguhan kepada Sandy? Dan benarkah Sandy bermaksud balas dendam sehingga dia dengan suka rela menerima permintaan Jung Tae Wo untuk berpura-pura jadi pacarnya?
Nah ini baca saja langsung yaa. Novel yang terbit tahun 2010 ini harusnya masih ada di toko-toko buku.

__ "Ini aku," bisiknya pelan, Gadis itu tetap diam tak bergerak. 
Tae Wo menjulurkan tangan dan menyentuh tangan Sandy. "Suda lama tidak melihatmu. kau tahu, aku hampir melupakan wajahmu. Kalau aku sampai lupa bagaimana wajahmu, aku bakal tidak bisa melakukan apa pun lagi. Kau tahu kenapa? Karena aku terlalu sibuk mengingat wajahmu sampai-sampai tidak mampu memikirkan masalah lain. Gawat kan?" ___ (hal 180) 

Kedua ialah Novel Autum In Paris.


Yup, novel ini juga memiliki setting latar di paris. Tokoh dalam novel ini juga seorang wanita campuran Paris dan Indonesia bernama Tara Duppont. Tara tidak lain adalah sepupu dari Sandy di novel Summer In Seoul  Kalau di dalam Summer in Seoul cerita berakhir Happy Ending, novel ini justru sad ending. Saya saja nangis-nangis baca novel ini (mungkin efek melow saya juga sih :) ).
Baiklah, Tara Duppont adalah seorang penyiar radio, dia memiliki seorang teman lelaki yang suka gonta-ganti pacar, Sebastian. Meski begitu, Tara mencintai teman lelakinya itu, sayangnya Sebastian lebih menganggap Tara sebagai adik.

Sebastian mengenalkan seorang teman kerja dari Jepang, Tatsuya. Tara pikir itu adalah pertemuan pertama mereka, padahal bukan. Tatsuya sudah bertemu dengan Tara dua kali sebelumnya, tetapi Tara tidak menyadarinya. Atas usulan dari Sebastian, Tatsuya pun menuliskan surat cinta untuk mengisi acara di radio tempat Tara bekerja. Surat itu ialah tentang gadis yang dia temui di bandara dan sempat ia ceritakan pada Sebastian. Gadis itu tidak lain Tara Duppont.

Akhirnya Tara tahu siapa gadis yang Tatsuya maksud dalam surat cintanya, hubungan mereka pun terjalin dari surat-surat itu. Mulai ajakan makan malam dan kencan lainnya. Sampai akhirnya mereka saling jatuh cinta.

Konfliknya? Well Tatsuya pergi ke Paris bukan hanya untuk pekerjaan, tetapi untuk menemui seseorang yang sudah ingin dia temui sejak bertahun-tahun, tepatnya sejak kematian ibunya. Lalu saat Tatsuya menemukan orang yang dia cari, ia justru berhadapan pada kenyataan bahwa dia harus menjauhi Tara Duppont. Tara pun merasa ada yang aneh ketika Tatsuya tiba-tiba berubah. Sementara Tatsuya sama sekali tidak bisa untuk terus berpura-pura dengan perasaannya. Apa yang terjadi setelah Tara tahu penyebabnya? Apa dia bisa melepaskan Tatsuya dan memakluminya? Baca aja langsung ceritanya yaa.


___ "Ternyata dia bisa memasak! Aku sudah pernah mencoba masakannya dan dia hampir sama jagonya denganku. Hari ini giliran siapa yang memasak makan malam ya? Dia atau aku? Aku lupa. pokoknya hari ini makan malam di tempatnya saja. 
"Gadis musim gugur, aku akan ke sana sepulang kerja." 

"Aku ingin tahu apa yang sedang dilakukannya sekarang? Kurasa dia sedang mendengarkan radio sambil bertopang dagu dan tersenyum-seenyum sendiri. Nah, sekarang dia menaikkan alisnya karena heran, lalu keningnya berkerut. Dia mengerjap-ngerjapkan matanya dan berpikir bagaimana aku bisa menebak dengan benar. Tentu saja aku tahu. Karena aku sering memerhatikannya, tanpa sadar aku jadi mengenal kebiasaannya," ___ (hal 58) 

Ketiga adalah Winter in Tokyo.


Novel ini memiliki setting tempat di Jepang dengan tokoh utama Keiko Ishida. Keiko adalah tetangga Tatsuya saat Tatsuya tinggal di Jepang. Lalu karena sesuatu yang terjadi dalam Novel Autum in Paris, maka apartemen Tatsuya disewa oleh seorang Fotografer terkenal dari New York bernama Nishimura Kazuto. Kedatangan Kazuto ke Tokyo ada hubungan dengan masalalunya saat di New York.

Tak disangka Kazuto adalah teman sekolah Kitano Akira, seseorang yang menjadi Cinta Pertama Keiko dan tetap menjadi cintanya hingga detik itu. Intinya Keiko selalu berharap suatu hari dia akan bertemu dengan Kitano Akira.

Hubungan antara Kazuto dan Keiko semakin membaik dari tetangga hingga satu sama lain merasa memiliki perasaan khusus yang lebih dari sekedar tetangga. Tetapi tiba-tiba saja Keiko bertemu dengan Kitano, sayangnya Kitano tidak ingat pada Keiko juga pada kenangan bersama Kitano yang tentu masih diingat oleh Keiko. Kazuto pun putus harapan karena ternyata cinta pertama Keiko adalah sahabatnya sendiri.

Namun pada akhirnya Kitano pun jatuh cinta pada Keiko. Pada saat bersamaan justru Keiko menyadari kalau dia sudah jatuh cinta pada Katzuto, setelah apa yang Kazuto lakukan untuknya dan apa yang sudah mereka lalui bersama. 

Pada saat itu masa lalu Kazuto saat di New York muncul. Cintanya yang hilang menghampirinya kembali. Apakah Kazuto akan kembali pada cinta pertamanya karena ingatannya hanya sampai pada kejadian terakhir di New York, atau dia lebih memilih Keiko? Dan bagaimana nasib Kitano setelah tahu lelaki yang dicintai Keiko hilang ingatan? Apa dia akan melanjutkan perjuangan cintanya pada Keiko? Baca saja langsung novelnya.

___ Kazuto kembali menatap wajah Keiko. Ia sama sekali tidak mengerti apa yang mendorongnya, tetapi ia merasa harus mengatakannya sekarang. Tidak peduli apa yang dipikirkan Keiko nantinya, pokoknya Kazuto harus mengatakannya. "Keiko-Chan, ada yang ingin kutanyakan padamu." 
"Ya?" mata Keiko melebar menunggu. 
"Kau bisa melupakan Kitano Akira?" 
Alis Keiko terangkat tinggi. "Apa?"
"Kau bisa melupakannya?" tanya Kazuto tegas sambil menatap ke dalam mata Keiko yang bingung, "dan mulai benar-benar ... benar-benar melihatku?" ____ (hal 103)

  

Keempat dan terakhir dari novel 4 Season yaitu Spring in London.


Tokoh utamanya adalah gadis keturunan Jepang dan Indonesia yaitu Naomi Ishida, yang tidak lain saudara kembar Keiko.  Naomi adalah seorang model yang terkenal di Jepang, akan tetapi karena terjadi hal buruk yang menimpanya dia pindah ke London dan menjalani kehidupannya yang baru.

Tanpa diduga ia mendapat kontrak menjadi model video Klip dan harus berpasangan dengan Danny Jo. Naomi sangat kenal dengan artis itu. Meski dia yakin Danny tidak akan mengenalnya. Naomi tidak mengira setelah sekian lama berusaha menghindari kenangan pahit itu, dia justru harus berhadapan dengan Danny Jo.

Danny Jo yang merasa dibenci dan dijauhi oleh Naomi pun merasa penasaran. Karena selama ini tidak ada wanita yang tidak menyukainya, tetapi kenapa Naomi justru menjauhinya bahkan terkesan takut padanya? Danny pun mendekati Naomi, secara perlahan Naomi pun jatuh dalam keromantisan dan sikap Danny Jo.

Ketika Naomi merasa Danny berbeda dari yang ia kira dan menyadari betapa bahagianya dia ketika bersama Danny, ternyata dia harus terbentur kenyataan bila Danny justru dijodohkan oleh orang tuanya dengan Miho, sahabat serta atasan Naomi.

Tak hanya itu, karena pada akhirnya Danny tahu masa lalu Naomi. Naomi pun tidak bisa tetap tinggal di London dan harus bertemu dengan Danny setelah lelaki itu tahu siapa dia sebenarnya. Begitu pun Danny, dia tidak bisa bertemu Naomi tanpa dibayang-bayangi rasa bersalah akan masa lalu Naomi yang secara tidak langsung berhubungan dengan dirinya. Mereka pun memutuskan untuk berpisah, Keiko kembali ke Tokyo dan meminta waktu untuk menjawab ungkapan cinta Danny.

Apakah Danny mampu menunggu Naomi menyembuhkan luka hatinya? Dan apakah Naomi berhasil menyembuhkan luka hatinya? Well sekali lagi, baca saja novelnya biar nggak penasaran.

___ "Aku tidak akan menuntut banyak. Aku juga tidak akan membebanimu. Aku hanya memintamu menunggu sampai aku menyelesaikan masalahku. Sampai saat itu tiba, jangan pergi ke mana-mana. Tetaplah bersamaku," pinta Danny. 
"Danny, aku ..." 
"Pada saat kita bertemu lagi, kalau perasaanmu masih belum berubah, kalau kau masih sulit percaya padaku, kalau kau tidak mau melihatku lagi, tidak mau berurusan denganku lagi, kau hanya perlu mengatakannya dan aku akan menuruti apa pun yang kaukatakan." ____ (hal 159).

****

Poin-poin yang menonjol dari novel ini, yang juga bisa diartikan sebagai kelebihan maupun kekurangan antara lain ialah tokoh yang semuanya memiliki pribadi yang hampir sama, terutama ciri-ciri fisik yang digambarkan dengan tipe-tipe wajah Asia, Indonesia khusunya yang bermata bulat. Tak hanya itu, semua tokoh juga dibuat sebagai anak keturunan campuran Indonesia. Karakter dan kepribadian pun digambarkan mirip-mirip dengan prinsip wanita Indonesia yang setia, dan tahu batas hubungan dengan lawan jenis.

Poin lain ialah dari kata-kata dan dialog yang sangat romantis dan deskripsi kejadian-kejadian yang begitu cantik sehingga pembaca seolah melihat langsung adegan demi adegan. Kalau saya bilang, malah membuat pembaca berhalunisasi tengah menjadi tokoh utama dalam cerita.

Selai itu, pemilihan sudut pandang sebagai orang ketiga maha tahu sering kali membuat pembaca gemas. Pasalnya pembaca sudah diberi tahu apa yang ada dan sebenarnya dirasakan oleh masing-masing tokohnya, tetapi justru antar tokoh saling tidak tahu. Saya saja sampai tidak sabar, rasanya ingi masuk dalam cerita dan segera memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi. :) 


Udah ah, biar tidak tambah penasaran, baca saja ya novelnya.

Ada satu lagi Novel Illana Tan yang berjudul Sunshine Becomes You. Novel yang sudah berhasil membuat saya nangis, senyum-senyum sendiri dan ada deh. Mending rasain sendiri aja yaa.
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar