KONTAK SAYA

Cara Memasukkan Link ke Dalam Blog

Cara Memasukkan Link ke Dalam Blog 

Oleh : Rainy OKkie 



Hai, apakabar? Jumpa lagi dengan saya, kali ini kita akan belajar Cara Memasukkan Link ke Dalam Blog. Bagi teman-teman yang sudah kulina (Biasa) nge-blog, tentu kata nge-link sudah tidak asing lagi ya? Tapi bagi teman-teman yang baru belajar nge-blog, mungkin masih kebingungan bagaimana cara nge-link, atau bahkan belum pada tahu manfaat dari nge-link.

Sebelum kita belajar Cara Memasukkan Link ke Dalam Blog, mari kita pahami dulu sebagian manfaat dari nge-link itu sendiri. Memasukkan satu atau beberapa link ke dalam blog bisa dikatakan sebagai 'tugas' wajib saat kita menulis blog. Karena dengan nge-link itu kita bisa mengajak pembaca untuk terus membaca artikel yang lainnya, bisa jadi artikel yang saling berkaitan atau yang tidakberkaitan.

Contoh sederhana bila kita ingin menulis tentang materi Belajar Komputer Untuk Pemula, yang di dalamnya akan kita bagi menjadi tiga bab, atau lebih. Pada tiap-tiap babnya kita 'wajib' menyertakan link dari bab selanjutnya. Misal pada artikel Bab 1, di akhir tulisan kita sertakan sebuah anjuran atau informasi bila Bab 2 bisa ditemukan di link berikut. Kita pasti sering menemukan sebuah kalimat seperti ini di dalam sebuah artikel "Untuk Membaca Bab 2 silakan klik di sini" di mana kata (di sini) bertulis dengan huruf biru dan berisi sebuah link di dalamnya sehingga saat kita mengklik kata (di sini) kita akan secara otomatis membuka sebuah link/alamat baru.

Atau untuk para penulis cerita bersambung (cerbung) menyertakan link dari bab 1 ke bab selanjutnya adalah hal yang sangat wajib, agar pembaca bisa dengan mudah menemukan kelanjutan cerita, atau pun cerita sebelumnya yang mungkin terlewat.

Nah itu dia manfaat paling utama dari Nge-Link. Sekarang langsung saja kita pelajari bagaimana Cara Memasukkan Link ke Dalam Blog. Sebenarnya caranya sangat mudah, tapi bagi blogger pemula bisa jadi masih sedikit bingung. (pengalaman pribadi dulu).

Yuk check it now :


1. Pertama siapkan dulu alamat/link yang ingin kita masukkan ke dalam artikel. Masuklah ke blog kita, buka seluruh postingan yang sudah kita buat, lalu sorot artikel yang ingin kita Link ke artikel lain, lalu pilih lihat.   Setelah link terbuka, copy link/alamatnya. Setelah itu kembali ke halaman home blog, dan pilih new entry (bila mau menulis artikel baru) Atau sorot artikel yang sudah ada dan pilih edit. 




3. Letakkan kursor di posisi di mana kita ingin memasukkan linknya. 



4. Pada bagian toolbar pilih icon dengan tulisan link berwarna biru dan bergaris bawah. (Untuk yang belum paham tentang fungsi dari toolbar di lembar kerja blog silakan klik link ini Cara Membuat Blog Untuk Pemula

5. Kita akan dibawa pada sebuah kotak dialog seperti di bawah ini


1. Tuliskan dulu kata apa yang ingin kita tampilkan misalnya (di sini, judul artikelnya, dll) Saya memakai judul Cerpennya, karena saya ingin menautkan satu cerpen ke cerpen lainnya :P. 

2. Pastekan link yang tadi kita copy pada kolom ke dua. 

Ingat : Kita harus mengisi kolom pertama dulu sebelum mempaste link. Karena bila kita mempaste link terlebih dahulu maka kolom pertama secara otomatis juga akan terisi dengan link yang kita paste di kolom ke dua. Namun jika kita mengisi kolom pertama terlebih dahulu, kolom ke dua tidak akan terpengaruh. 

3. Klik ok, dan tadaaaaa tampilah tulisan Ghendis dengan warna biru dan sudah berisi link di dalamnya. Jangan lupa klik perbarui bila sudah selesai. Oya untuk yang belum bisa memasukkan gambar ke dalam blog, bisa klik link  Cara Memasukkan Gambar Ke Dalam Blog, yaa. 

Selamat berkarya dan salam pena kreatif. 



Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar